Pengertian dan Jenis-Jenis Produk Digital

Produk digital atau dikenal juga dengan sebutan e-produk adalah sebuah produk dengan wujud bukan fisik atau biasanya produk ini dalam bentuk elektronik dan yang diperjual-belikan secara online melalui media internet. Produk digital disimpan ini, dapat dikirim dan dipergunakan dalam format elektronik serta bentuk dalam jual-belinya melalui pemasaran digital. 


Produk digital tersebut biasanya dikirimkan ke pembeli menggunakan media e-mail atau digital download secara online dan untuk bentuk penawarannya biasa dalam format katalog digital. Beberapa contoh yang bisa dilihat dari produk digital yang banyak diperjual-belikan melalui internet adalah e-book (buku elektronik), Kindle, huruf komputer, unduhan musik, MP4, aplikasi, perangkat lunak, game online, tiket elektronik dan masih banyak lagi lainnya. 

Pengertian dan Jenis-Jenis Produk Digital

Saat ini produk digital mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan efisiensi dan kepraktisannya bagi konsumen. Misalnya, e-book ini keberadaannya bisa menggantikan buku konvensional yang masih menggunakan bahan kertas untuk memproduksinya dimana bahan dari kertas adalah kayu yang diambil dari pohon-pohon di muka bumi, yang keberadaannya dalam jangka panjang akan membuat pohon-pohon tersebut akan semakin habis dan pada akhirnya akan semakin memicu pemanasan global.

Jenis Produk Digital

Beberapa jenis produk digital yang dikenal pada umumnya adalah aplikasi, buku elektronik, perangkat lunak, unduhan musik dan MP4. Produk digital inilah yang biasanya akan diburu oleh pengguna internet karena kepraktisannya. Dalam membeli dan menerima produknya produk digital lebih praktis dibandingkan jika anda harus ke toko konvensional untuk membeli sebuah buku. 

Selain itu, juga karena produk ini aslinya dalam bentuk digital, sehingga anda jarang menemuai atau bahkan tidak ada diperjual belikan  toko konvensional. Adapun jenis-jenis produk digital adalah sebagai berikut:

Aplikasi

Produk digital dalam bentuk Aplikasi atau apps saat ini sudah begitu populer keberadaannya seiring dengan perkembangan dan kemajuan perangkat elektronik seperti smartphone. Aplikasi ini umumnya digunakan oleh para pengguna Hp smartphone yang bisa didapat melalui penyedia seperti Play Store dan App Store.

Buku Elektronik

Produk digital dalam bentuk buku elektronik juga saat ini sudah semakin populer penggunaannya dan hampir menggantikan keberadaan buku konvensional, karena kemudahan dalam membawa dan bisa dibaca kapanpun dengan menggunakan perangkat elektronik seperti: smartphone atau Kindle. Salah satu buku elektronik yang populer adalah Kindle yang disediakan oleh Amazon Kindle.

Musik

Untuk produk digital dalam bentuk musik ini adalah bentuk lain daripada produk digital yang anda kenal dan diperdagangkan setiap harinya. Sangat populer melalui iTunes Store dan marketplace lain yang bisa diakses secara online, sehingga sangat memudahkan dalam mengaksesnya ataupun untuk bisa membelinya secara resmi. produk digital seperti musik biasanya bisa didapatkan dalam format MP3.

Video

Saat ini juga video sudah diperjual-belikan secara digital melalui media internet, baik itu melalui langganan ataupun bentuk dalam bentuk download. Sehingga dengan era digital akan semakin mudah mendapatkannya tidak perlu repot lagi untuk membeli ke toko konvensional untuk mendapatkan sebuah video yang anda inginkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar