Perbedaan Template Premium ( Berbayar) dan Gratisan ( Free )

Perbedaan Template Premium dan Gratisan - Bagi yang sudah berkecimpung di blog pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namannya tempate (sebutan blogspot) atau Theme (sebutan untuk wordpress), karena template/theme tidak bisa dipisahkan dari kegiatan blogging dan sebagai penunjang untuk mempercantik tampilan blog.

Sering menyebutkan kata template namun pasti ada yang masih belum faham apa yang dimaksud dengan template, penjelasan singkatnya template adalah merupakan salah satu bahan dokumen atau file yang di butuhkan dalam hal pembuatan website.

Dari pengertian diats diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian Template Website/blog adalah sebuah desain tampilan halaman yang berisikan dokumen file model-model tambahan yang dikodekan dalam bahasa program dan siap pakai.

Perbedaan Template Premium dan Gratisan

Perbedaan Template Premium ( Berbayar) dan Gratisan ( Free ),  Kelebihan Template Premium,

Kalau berbicara mana yang lebih bagus template premium atau template gratisan tentu semua akan menjawab template premium lebih bagus. ini karena template premium dibuah dengan kualitas yang sudah sesuai ketentuan dan tingkat kerumitan yang jelas berbeda dengan yang free. 

Oleh karena itu jika ingin menggunakannya template/theme premuim anda harus rela mengeluarga biaya untuk membeli dari pembuatnya. Berbeda dengan template gratisan anda bebas menggunakan dan bisa menemukan dimana saja.

Untuk anda yang ingin memilih template selain bagus tentunya anda juga akan mempertimbangkan loading blog juga, karena template Blog yang memiliki kecepatan saat ini sangat dibutuhkan karena ini akan berpengaruh terhadap SEO blog dan pengunjung blog. 

Menurut survei blog dengan kecepatan diatas 2 detikakan cepat ditinggalkan penggunanya. Apalagi sekarang akses di interner sudah di dominasi oleh perangkat mobile, tentu template yang responsive menjadi salah satu keharusan, jika anda menginginkan pengunjung blog betah berlama-lama menjelajahi blog anda.

Namun untuk membuat visitor betah berada di sebuah blog bukan hanya dipengaruhi oleh tampilan yang bagus dan menarik saja, tapi harus juga didukung oleh konten atau isi artikel yang menarik dan bermanfaat pula. 

Ini akan percuma jika hanya mementingkan tampilan blog namun isi / konten blog tidak bermanfaat dapat dipastikan blog anda akan ditinggalkan begitu saja oleh visitor.

Kelebihan Template Premium

1. Dapat Menghilangkan / Menghapus Credit Link 

Kelebihan template premium yang umum tentunya anda bisa menghilangkan/menghapus credit link nama pembuat yang melekat pada template. Kredit link tersebut bisa anda ganti sesui nama blog anda atau nama seperti yang anda inginkan. Biasanya credit link ini berada di bagian footer blog yang terletak dibagian bawah.

2. Mendapatkan Update Template Terbaru

Menggunakan template premium ( berbayar ) kelebihannya Anda akan mendapatkan update terbaru jika template tersebut memiliki perubahan. Sehingga anda tidak perlu lagi bersusah bayah menyesuikan apabila terjadi error atau hal lainnya. 

Biasa anda pengguna template premium akan mendapatkan support langsung dari pembuatnya dalam hal penginstalan maupun dalam hal setting blog. Dengan begitu anda tidak akan mengalami kesulitan dalam penggunaan template khususnya bagi pemula yang belum tahu mengenai yang berkaitan dengan template.

3. Template Premium Hasilnya Lebih Maksimal

Bila anda ingin hasil maksimal dalam urusan desain dan SEO, seperti mempunyai navigasi yang jelas dan memiliki kecepatan diatas 90% bahkan bisa mencapai 99% kecepatan blognya membeli Template Premium bisa menjadi pilihan tempat. 

Selain itu biasanya saat ini pembuat template menyesuaikan dengan kebutuhan seperti template sudah Responsive, SEO dan Mobile friendly karena dipengaruhi pengguna internet yang sebagaian besar menggunakan fasilitas hp android. 

Kekurangan Template Premium

1. Harus Rela Mengeluarkan Budget Untuk Menggunakannya

Sudah barang tentu jika anda ingin menggunakan template premium harus rela membayar harga template yang telah ditetapkan oleh pembuatnya. Biasa harga yang di patok untuk sebuah template premium berkisar antara $10 sampai $200.

2. Harus Menggunakan Payment Processor

Kekurangan template premium lainnya biasa terkendala oleh alat transaksi ini terjadi jika anda ingin membeli template premium dari luar Indonesia, anda diharuskan terlebih dahulu mempunyai alat pembayaran ( payment processor ) seperti Paypal yang menggunakan mata uang dollar.

Seiring perkembangan saat ini di Indonesia sudah banyak para desainer template yang membuat template kelas premium yang tidak kalah dengan desainer template dari luar, jadi Anda tidak perlu lagi menggunakan Paypal jika menggunakan template lokal. 

Untuk harga template buatan anak negeri kita sendiri bisa dibilang cukup terjangkau yang berkisar antara 100 ribuan sampai dengan 300 ribu rupiah saja. selain cukup murah anda sudah tidak perlu lagi kesulitan dalam hal pembayaran karena cukup dengan memiliki rekening bank lokal.

Kekurangan Template Gratis

1. Tidak Boleh Menghilangkan Kredit Link Pada Template

Ini kebalikan dari template premium, yaitu jika anda menggunakan template free atau versi gratisan anda tidak diperbolehkan untuk menghilangkan link credit pembuat. Walaupun anda bisa menghilangkan link tersebut itu akan membuat blog anda tidak baik.

Hal ini juga anda akan di cap sebagai orang yang tidak menghargai karya orang lain dan sebaiknya memang tidak perlu menghapusnya karena anda sudah menggunakan secara cuma-cuma jadi tidak ada hak untuk menghapusnya. Jika ingin tampilan blog anda terlihat profesional tanpa embel-embel link kredit pembuatnya sebaiknya ganti dengan template premium ( berbayar ).

2. Tidak Memiliki Fasilitas Secara Utuh Seperti Pada Template Premium

Dalam template gratisan maupun premium pasti akan terdapat kode CSS atau HTML yang sudah memiliki Schema dan struktur yang baik. Namun untuk jenis template yang gratisan sudah tentu kode CSS atau HTML yang anda dapatkan tidak secara utuh dan struktur template pun apa adanya.

Template gratisan dibuat dengan memiliki kekurangan-kekurangan yang segaja dibuat, biasanya pembuat template menggunakan cara ini agar pengguna template free tertarik untuk beralih ke template premuim tersebut. 

Tidak utuhnya kode CSS/HTML tersebut akan mengakibatkan blog anda tidak berjalan secara normal Salah satunya untuk hal kecepatan loading blog akan sedikit mengalami hambatan saat dibuka pada jaringan yang memiliki koneksi rendah. Lain halnya jika anda menggunakan jaringan WIFI.

Dengan mengetahui perbedaan baik itu kekurangan maupun kelebihan template / theme premium dan template grtasisan, sekarang tinggal anda sendiri yang menentukan mau menggunakan template versi yang mana yang menurut anda sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika ingin menggunakan template free, gunakanlah secara bisa dengan cara tidak menghapus link kredit yang ada, itulah bentuk pernghargaan anda untuk si pembuat template. Baca juga: Cara Mudah Membuat Toko Online Dengan Blogspot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar