Pengertian, fungsi, dan kekurangan kelebihan Ebook

Pengertian Ebook, Ebook sebenarnya singkatan dari electronik book atau buku elektronik. Ebook ini merupakan sebuah buku baik itu berupa panduan, informasi maupun lainnya yang dikemas dalam versi digital, yang mana buku elektroni (ebook) tersebut dapat dibuka melalui perangkat elektronik seperti: komputer, laptop, gadget dll.

Jika dilihat fungsi dan isinya ebook sebenarnya sama saja dengan buku konvensional yang biasa kita temui, hanya saja perbedaannya dalam hal penggunaannya, jika buku menggunakan lembaran kertas sedangkan ebook tidak lagi menggunakan kertas melainkan dibuat dengan menggunakan teks atau gambar dalam bentuk digital.

Pengertian, fungsi, dan kekurangan kelebihan Ebook


Fungsi Ebook

Ebook berfungsi hampir sama seperti buku-buku konvensional pada umumnya, yaitu fungsi utama ebook dalah sebagai media pembelajaran. Anda bisa mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu dari ebook yang telah dibuat oleh banyak orang. Dan ebook tersebut bahkan ada yang dibagikan secara gratis dengan berbagai jenis ebook. 

Anda juga bisa menggunakan ebook untuk berbagi tentang ilmu yang anda fahami. misalnya anda memiliki keahlian tentang internet marketing, anda bisa menuangkan keahlian atau membuat panduan tentang internet marketing tersebut dalam bentuk ebook, baik itu untuk anda bagikan secara gratis atau menjualnya ke orang lain di Internet.

Kelebihan dan Kekurangan Ebook  

Segala sesuatu yang diciptakan tentu saja tidak bisa sempurna 100%, pasti anda saja kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan elektronik buku (ebook) juga mempunyai kelebihan dan kekuranagan.

Kelebihan Ebook

Setiap hal yang baru tentu memiliki kelebihan tersendiri, sama halnya dengan ebook memiliki kelebihan dibandingkan dengan buku konvensional. Kelebihan ebook diantaranya adalah:

1. Ebook Lebih Mudah Cara Mendapatkannya

Ebook dalam hal mendapatkannya tentu lebih mudah dibanding mendapatkan buku konvensional. karena anda tidak perlu pergi ke toko seperti yang harus dilakukan jika anda ingin membeli buku biasa, karena ebook bisa anda dapatkan  bisa melelui perangkat komputer atau gadget yang biasanya dilakukan secara online. 

Untuk mendapatkan ebook juga tidak membutuhkan waktu lama dan tidak perlu keluar rumah asalkan ada koneksi internet anda sudah bisa download ebook secara langsung jika ebook tersebut tersedia gratis atau bisa juga dikirim melalui email jika anda memintanya dari teman atau membeli dari penyedia ebook.

2. Ebook Biaya Pembuatannya Lebih Murah

Berbeda dengan pembuatan buku konvesional anda harus banyak mengeluarkan banyak biaya untuk mencetaknya, Namun ebook dengan pembuatan yang lebih mudah, sehingga untuk biaya pembuatannya juga akan lebih murah. Dengan menggunakan sebuah aplikasi pembuat ebook seperti aplikasi pembuka pdf, dan aplikasi jenis lainnya anda sudah bisa membuatnya sendiri. 

Untuk membuatnya juga bisa dilakukan kapan saja jika anda mau yang penting ada perangkat untuk membuatnya seperti laptop/PC. Ebook juga bisa digandakan atau diperbanyak sebanyak mungkin yang anda mau dan ini tidak memerlukan biaya tambahan seperti kertas, tinta, seperti yang dibutuhkan dalam menggandakan buku konvensional.

3. Ebook Lebih Mudah Disimpan dan Praktis

Dengan menggunakan ebook anda tidak perlu lagi membuat ruangan penyimpanan khusus untuk menyimpannya, tidak seperti buku pada umumnya yang memerlukan banyak tempat atau ruangan. Dengan menggunakan ebook anda hanya memerlukan media seperti flashdisk, memory card, harddisk eksternal untuk menyimpannya yang bisa membuat puluhan bahkan ratusan ebook tergantung kapasitas media yang anda gunakan.

Selain itu ebook juga lebih praktis yang bisa anda bawa kemana-mana dengan hanya menyimpan di prangkat laptop,  flashdisk maupun di gadget. Anda bisa bayangkan jika membawa buku konvensional dengan jumlah ratusan buku tentu ini akan sangat merepotkan, selain memerlukan banyak tempat, buku juga sangat berat sehingga tidak efektif untuk dibawa bebepergian kemana-mana.

4. Tidak Memerlukan Perawatan Khusus

Ebook tidak perlu Anda rawat seperti halnya buku konvensional yang harus disimpan dan dijaga dari kerusakan. jadi dengan menggunakan Ebook anda tidak perlu lagi takut robek, basah, kotor dan masih banyak lagi, kerana ebook dalam bentuk digital.

Anda cukup merawat ebook dengan merawat tempat penyimpanannya saja agar ebook tersebut tidak rusak atau hilang. untuk mengantisipasik tersebut anda juga bisa gandakan ebook dan menyimpannya di beberapa tempat penyimpanan agar lebih aman.

Kekuranagn Ebook

Selain ebook banyak memiliki kelebihan, tentu saja ebook juga ada memiliki kekurangan. Adapun kekurangan ebook diantaranya adalah:

1. Membutuhkan Perangkat Lunak Untuk Membukanya

Untuk bisa membuka ebook anda memerlukan sebuah perangkat lunak baik itu seperti laptop/PC, gadget atau perangkat lainnya, sehingga anda akan membutuhkan sedikit waktu lebih lama jika dibandingkan dengan membuka sebuah buku konvensional. 

2. Tidak Semua Nyaman Membaca Di Perangkat Seperti Komputer dan Sejenisnya

Tidak semua mata nyaman membaca di perangkat komputer maupun gadget atau perangkat lain sejenisnya untuk membuka sebuah ebook, sehingga untuk membuat nyaman membacanya seperti anda membaca buku, maka anda harus mencetak e-book terlebih dahulu dengan printer.

Mungkin cukup itu saja penjelasan singkat mengenai Pengertian, fungsi, dan kekurangan kelebihan Ebook, semoga bermanfaat dan anda menjadi lebih faham mengenai yang berkaitandengan ebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar