Apa Itu Facebook Ads, dan Fitur Didalamnya

Iklan Facebook atau Facebook Ads merupakan fitur yang ditawarkan oleh pihak Facebook yang gunanya untuk mempromosikan atau mengiklankan sebuah halaman Fanspage yang pengguna facebook miliki. Untuk jangkauan iklan facebook ini juga berbeda-beda, anda dapat mengaturnya saat ingin memasag iklan di Facebook tersebut.

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang menggunakan platform memungkinkan para penggunanya seperti untuk menciptakan halaman pribadi menambahkan teman, serta mengirim pesan probadi kepengguna facebook lain.

Apa Itu Facebook Ads, dan Fitur Didalamnya

Situs jejaring sosial Facebook saat ini termasuk memiliki pengguna terebsar dengan lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia, sehingga dapat dikatakan bahwa dengan memasang Iklan Facebook dapat menjangkau target lebih luas karena iklan anda bisa menjangkau hampir seluruh pengguna facebook seluruh dunia.

Untuk dapat menfaatkan facebook ads atau iklan facebook anda diharuskan terlebih dahulu memiliki fanspage, hal ini yang memungkinkan untuk para pengguna Facebook lainnya memberikan LIKE atau menjadi penggemar atas Fanspage yang anda buat tersebut.

Jenis fanspage yang bisa anda buat juga menyesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan anda baik itu Fanspage untuk perusahaan, produk layanan, individu, merek dagang, dan lain sebagainya, semua menu tersebut juga sudah tersedia saat pertama kali anda akan membuat fanspage Facebook.

Dalam hal perancangan iklan, para pengiklan dapat dengan spesifik mengatur target pasar yang ingin mereka inginkan, seperti wilayah geografi, gender atau jenis kelamin, umur, hal yang disukai, status pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Setelah pengiklan (pengguna) sudah menentukan dan memilih karakter untuk target iklan dan selanjutnya pengiklan juga dapat mengetahui berapa banyak jumlah target iklan yang akan dibuat, dan hal ini membuat iklan yang dibuat menjadi lebih efektif dan lebih tepat pada sasaran.

Tahap-tahap Pembuatan Iklan Facebook (Facebook Ads)

Dalam membuat iklan menggunakan layanan facebook ads, tentu anda harus menerti terlebih dahulu tahap-tahap pembuatan iklan facebook tersebut, tujuannya agar saat memasang dapat tahu bagai mana cara pengaturan iklan, bagaimana menentukan target dan berapa biaya yang diperlukan untuk kebutuhan iklan tersebut. Lebih jelasnya berikut tahapan pembuatan iklan di Facebook yang perlu anda ketahui.

1. Pengaturan Iklan

Dalam pengaturan pemasangan iklan facebook terdapat 3 pilihan dalam menggunakan layanan ini yaitu seperti: Promote Page Posts, Get More Page Likes, dan Advanced Options.

#Promote Page Posts adalah pilihan yang akan menampilkan salah satu posting terbaru di halaman Fanspage.

#Get More Page Likes adalah iklan yang judul, teks, dan gambarnya dapat dibuat sendiri oleh pengiklan.

#Advanced Options merupakan pilihan untuk iklan yang memungkinkan untuk para pengiklan memilih sendiri iklan apa yang ingin dan mau di promosikan serta harga yang ingin dibayarkan atau dibutuhkan melalui iklan tersebut.

2. Pilih Target Khalayak Yang Sesuai

Setelah anda telah menentukan atau memilih model iklan yang sesuai keinginan, selanjutnya sebagai pengiklan anda harus memilih kategori-kategori target yang anda inginkan dari iklan yang dibuat, tujuannya iklan tersebut agar lebih spesifik dan tepat sasaran ( tertarget ).

Dalam hal ini kategori yang dapat anda pilih antara lain seperti wilayah geografi, gender atau jenis kelamin, hal yang disukai, umur, pendidikan, status pernikahan, dan lain sebagainya, semua itu dilakukan agar iklan yang anda buat lebih tepat sasaran.

3. Harga dan Penjadwalan Iklan

Pada tahap harga dan penjadwalan iklan ini, para pengiklan diwajibkan untuk memberikan nama untuk kampanye dan iklan yang dibuat serta anda harus merancang jadwal iklan sesuai dengan keinginan pengiklan.

Selain itu para anda sebagai pengiklan dapat memasukan anggaran iklan yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan iklan setiap hari. Seperti contoh jika anda sebagai pengiklan memiliki budget 100 ribu untuk beriklan 10 hari, maka masa iklan anda dapat memilih 10 ribu per harinya atau 100 ribu untuk lifetime budget.

Untuk melakukan pembayaran iklan ini terdapat dua metode pembayaran yaitu menggunakan metode CPM (cost per mille, which is cost per 1000 impressions) yaitu:

#Harga iklan yang diberlakukan adalah harga untuk per 1000 kali tayang.

#CPC (cost per click) yaitu harga iklan yang telah disesuaikan dengan jumlah klik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar